Bagaimanakah Pandangan Teknologi Sesuai Syariat Islam

Bagaimanakah Menggunakan Teknologi Sesuai Syariat Islam

Penggunaan Teknologi Sesuai Pandangan Islam 

> Di era abad 21 ini, ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) semakin di butuhkan dalam setiap kebutuhan individu didalam bermasyarakat, bahkan banyak yang menjadikan teknologi sebagi kunci utama menuju kesuksesan tentunya, tetapi apakah sudah benar cara kita penggunaan teknologi tersebut? nah inilah cara pandang islam dalam penggunaan tenknologi. Agar kita tidak salah dalam menggunakan teknologi maka kita harus tahu bahwa ada 750 ayat dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang lintang alam serta fenomena dan mengajarkan kita untuk mengenal dan pemanfaatannya. Allah SWT berfirman di dalam QS ayat 31 yang artinya dan Allah mengajarkan Adam47) segala macam nama48), kemudian Allah mengemukakan makhluq-makhluq yang telah di beri nama itu kepada para malikat dan Allah berkata: ,, Terangkanlah kepadaKu nama-nama meraka ini jika kamu orang-orang yang benar - dalam penda'waannya49). 

Dalam ayat di atas maksud nama-nama adalah sifat, ciri, dan hukum sesuatu. Ini berarti kita mempunyai potensi untuk mengetahui rahasia dari alam semesta. Adanya potensi tersebut, dan tersedianya wadah yang di sediakan Allah, dan juga ketidak mampuan alam untuk berkembang pada perintah dan hukum-hukum tuhan, menjadikan ilmuan dapat memperoleh kepastian mengenai hukum alam yang ada. olehnya itu, segalanya mengantarkan kita untuk memanfaatkan alam yang merupakan buah dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Kitap kita memerintahkan kita untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan ilmuan kita. Jangankan manusia biasa, Rasul kita Muhammad SAW pun diperintahkan agar terus berupaya dan berdoa agar selalu ditambahkan pengetahuannya (QS Yusuf : 72).

Hal ini bisa menjadi pemacu bagi kita agar terus mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan anugerah Allah yang di limpahkan kepada kita hamba Allah. Karenanya itu, kita dapat berusaha megajak diri kita agar tidak terbawa hawa nafsu kita dalam mengumpulkan harta dan IPTEK yang bisa membahayaka diri kita dan orang lain.

Teknologi Di Masa Islam.

Islam pernah jaya dalam bidang IPTEK sekitar abad VIII sampai XIII. Tradisi keilmuan umat islam disupport langsung oleh Al-Kindi (filosopi penggerak dan pengembangan ilmu pengetahuan) ia mengatakan bahwa  islam dapat memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi dari manapun mulanya, asalkan tidak bertantangan akidah dan syariat islam. Sebagaimana sabda rasul yang menyeru umatnya berlayar sampai ke Negri China untuk memperoleh ilmu pengetahuan.

Padahal kita tahu bahwa China adalah negara non muslim Menurut Harun Nasution, pemikiran berkembang pada zaman islam (650-1250 M).  Pemikirian seperti ini dipengaruhi oleh persepsi tentang seperti halnya dalam al-qur'an dan hadits. sebagaimanaa yg kita tahu bawa sudah sekitar 75% Al-Qur'an telah di buktikan secara ilmiah. Persepsi yang sama dar Yunani melalui filsafat dan sains Yunani yang berada dalam kota-kota peradaban Yunani dalam Dunia islam masa klasik, seperti Alexandrian (Mesir), Jundisyapur (Irak) Antakia (Syiria), dan Bactra (Persia). W. Montgomery Watt menambahkan bahwa tempat-tempat tersebut diduduki orang Arab pada abad ke-7, ilmu pengetahuan dan fisafat di kembangkan di beberapa pusat pembelajaran. Terdapat sekolah yang terkenal di Alexandria dan Mesir tapi di pindahkan  ke Syiria dan kemudian sekitar tahun 900 M ke Baghdad. Maka para khalifa dan pemimpin kaum muslim lainya sadar bahwa apa yanga harus di pelajari dari ilmu pengetahua Yunani.

Dan para khalifa tersebut mengagendakan agar beberapa tulisan/buku penting dapat di terjemahkan. penerjemah pun berlangsung, tetapi penerjemahan secara serius dimulai pada  Zaman pemerintahan Al-Ma'mun (813-833 M). Beliau mendirikan Byat Al-Hikmah, sebuah lembaga khusus para penerjemah, dan mulai saat itu tempat resebut mengalami banjir penerjemah secara besar besaran, dan itu berlangsung mulai abad ke-9 dan sebagian besarnya terjadi di abad ke-10.

Singkat pembahasan bagaimana ilmu pengetahuan dan teknologi secara pandang Islam. ingat banyak pepatah yang mengatakan "semakin tinggi pohon maka semaki keras pula terjangan angin", dan ketahuilah bahwa ilmu yang kita miliki hanyalah setetes air dari jari yang kita celupkan ke lautan lalu meneteskannya, dan lautan bahkan lebih dari itu adalah ilmu Allah SWT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimanakah Pandangan Teknologi Sesuai Syariat Islam "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel