<-- -->

Sangat Ampuh, 6 Strategi Terbaik Melakukan Pemasaran Produk Untuk Bisnis Anda

Strategi Terbaik Melakukan Pemasaran Produk
Perumpamaannya ketika sedang lomba balap motor/mobil, tim yang sudah menyiapkan segalanya dengan menganalisis keadaan dan menebak apa yang akan terjadi selanjutnya dapat dipastikan menjalani lomba dan meraih juara akan lebih mudah bagi mereka ketimbang yang tidak menyiapkan dan tidak tau apa-apa.

Namun jangan lupakan kualitas produk Anda baik barang maupun jasa, karena hal itu merupakan salah satu kunci agar usaha/bisnis Anda akan berhasil.

Langsung saja, di bawah ini merupakan Strategi Terbaik Melakukan Pemasaran Produk baik barang maupun jasa:

1. Mengenal atau Melihat Target Pemasaran Produk Anda (Minat Konsumen)

Hal yang paling awal adalah Anda harus mengetahui target pemasaran dari produk Anda. Dalam memulai usaha atau bisnis harus diketahui bahwa tidak selamanya produk yang di jual akan laku dalam pasar, disinilah pentingnya menguasai cara "melihat pasar".

Dua produk dengan tema yang sama namun spesifikasi berbeda dengan meninjau minat konsumen akan menghasilkan output yang berbeda. Misalnya saja Anda dan teman Anda memiliki produk yang sama-sama pakaian dengan target konsumen remaja dengan rentang umur 17-27 tahun, Anda menjual pakaian dengan gaya Korea karena Anda melihat kebanyakan remaja zaman sekarang mempunyai minat yang tinggi terhadap pakaian yang bergaya ke-Korean sedangkan teman Anda menjual pakaian dengan gaya Rock. Sudah jelas produk Anda akan laku keras di pasar, sedangkan produk teman Anda akan sangat susah terjual.

Ataukah Anda melihat memang sekarang gaya Korea memang sedang memiliki peminat yang tinggi namun Anda perkirakan tidak bertahan lama, maka Anda memilih jenis yang lain (jika ingin menjual produk dengan tujuan jangka panjang), semua tergantung cara Anda melihat pasar.

2. Melakukan Pengiklanan atau Promosi Produk Secara Online

Sekarang zaman semakin canggih, salah satu dampak terbesarnya adalah adanya intrenet dan media sosial. Anda dapat memanfaatkan internet terutama media sosial sebagai tempat mengiklankan produk Anda.
    Cara ini dapat juga menjadi opsi bagi Anda ketika Anda hanya memiliki modal untuk menghasilkan atau membeli produk sedangkan tidak mampu menyewa atau memiliki tempat untuk menjual produk Anda. Dengan kata lain "sekali mendayang dua tiga pulau terlampaui", bagaimana tidak? Anda dapat mengiklankan serta menjadikan media sosial sebagai tempat transaksi produk Anda. Menyenangkan bukan?

3. Melakukan Pengiklanan atau Promosi Produk Secara Offline

Selain mengiklankan produk secara online, Anda juga dapat mengiklankan produk secara offline. Caranya dengan membuat pamflet atau brosur lalu sebarkan di jalan, di kampus-kampus, di tempat makan dan tempat-tempat lainnya yang memungkinkan (keberhasilan memerlukan kerja keras).
       Anda juga dapat membuat kartu nama yang dapat Anda bagikan saat bertemu orang-orang baru, semakin banyak kartu nama yang Anda bagikan semakin besar peluang produk Anda dipesan oleh konsumen.

4. Memilih Tempat atau Lokasi Strategis

Ini sudah jelas namun kebanyakan orang mengabaikan hal ini, ataukah banyak yang tidak mengerti arti strategis di sini.
Arti strategis di sini adalah lokasi yang dipilih bukan hanya karena banyak orang yang berlalulalang di lokasi tersebut, namun tujuan atau minat orang yang berlalulalang di lokasi tersebut. Apakah mereka sekedar lewat ataukah memang ingin membeli sesuatu! Coba Anda pikir, mengapa ada yang namanya lokasi perbelanjaan di suatu kota yang isinya hanya toko-toko? Itu karena sudah menjadi ketetapan orang yang datang ke tempat tersebut memang ingin  membeli sebuah produk. Tidak menutup kemungkinan konsumen akan melirik produk Anda dan pada akhirnya membeli produk Anda.
 Mengapa banyak koko-koko (di daerah penulis sih) yang memiliki usaha sama berada dalam satu lokasi? Bahkan toko mereka sudah seperti kekasih (saling lengket hehehe), mungkin ini pikiran koko *maaf ko, cuman mungkin kok :D* jika konsumen toko sebelah tidak menemukan apa yang dicari, maka pasti akan ke toko disebelahnya. Dan pikiran jangka panjangnya lagi, mungkin (mungkin lagi kok ko ;D) jika lokasi itu sudah terkenal sebagai lokasi ter-TOP dalam hal produk *terserah produk apa* maka banyak konsumen yang akan berdatangan, bukan hanya dari satu arah namun dari segala penjuru arah. Nah pasti Anda sudah tahu akhir-akhirnya, yang dari utara akan singgah di toko pertama yang konsumen lihat, yang dari Timur akan singgah di toko pertama yang konsumen lihat juga, artinya koko-koko ini sama-sama mendapat konsumen, cerdik kan!
            Itu hanya salah satu contoh mengapa memilih lokasi yang strategis sangat penting, dan Anda juga harus memikirikan bagaimana akses lokasinya. Lalu ada yang bertanya "mengapa harus ada tempat sedangkan promosi dan tempat transaksi di media sosial sudah baik dan lancar?", yah itu karena "sekali dayung dua tiga pulau terlampaui" (hehehe coba mikir dulu, kalau tidak tau dan mau tau silahkan bertanya di kolom komentar).

5. Jalin Komunikasi dan Bangun Image Kuat Produk Anda

        Maksudnya apa? Komunikasi di sini adalah komunikasi dengan konsumen, jika perlu minta no. Hp dll yang memungkinkan Anda menjalin hubungan yang baik (jika masih merintis usaha) karena jika usaha sudah besar maka konsumen akan berdatangan dengan sendirinya. Tinggal Anda yang mengatur bagaimana jalannya bisnis Anda.
         Bangun image kuat maksudnya adalah jangan pernah melakukan sesuatu yang merusak nama produk ataukah merusak kepercayaan konsumen Anda. "Lah contohnya apa?", contoh sederhananya adalah Anda   tidak mengecek dengan teliti produk Anda dan sampai pada konsumen dalam kondisi yang tidak sesuai keinginan. Ataukah pelayanan yang buruk oleh karyawan Anda (karena penulis yakin Anda tidak akan begitu :D)

6. Eksekusi

       Yang terakhir adalah menjalankan dan mengimplementasikan strategi-strategi di atas. Yakin dan percaya jika Anda telah merencanakan dengan sebaik mungkin dan menjalankannya maka kesuksesan akan datang, serta yakin dan percaya juga jika Anda perencanaan Anda telah matang namun menunda-nunda maka hasilnya 0.

Itu merupakan Strategi Terbaik Melakukan Pemasaran Produk, berbanggalah Anda yang ingin mengetahui hal ini karena Anda termasuk ke dalam golongan orang-orang yang ingin sukses (yang betul-betul ingin dan ada tindakan).

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar, karena tidak semuanya di jelaskan secara rinci :D
Yang memiliki usaha atau bisnis pasti butuh yang namanya "Strategi Pemasaran Produk/Marketing Strategy", karena jika tidak maka hasil yang didapat menjadi tidak maksimal atau yang lebih buruk akan gulung tikar. Seorang pengusaha yang mengetahui dengan jelas bagaimana cara atau strategi memasarkan produk mereka dengan pengusaha yang tidak tau atau tidak mau tau strategi memasarkan produk mereka akan nampak perbedaan signifikan.

0 Response to "Sangat Ampuh, 6 Strategi Terbaik Melakukan Pemasaran Produk Untuk Bisnis Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->