Berwisata ke Benteng Peninggalan Bersejarah Kerajaan Gowa Fort Rotterdam dan Somba Opu

Berwisata ke tempat bersejarah bisa menambah wawasan dan semakin menghargai sejarah bangsa. di makassar ada dua benteng yang wajib kamu kunjugi untuk mengetahui peninggalan sejarah kerajaan gowa, yaitu kerajaan besar dan paling sukses di sulawesi selatan. Adalah Benteng Fort Rotterdam dan Benteng Somba Opu.

Benteng Fort Rotterdam
tempat bersejarah Fort Rotterdam gambar di atas udara
Foto Fort Roterdam Dar Udara, Tribun Timur Sumber

Letak benteng ini cukup strategis karena berada di Jl Ujung Pandang No 1, Kota Makassar. tak jauh dari Pantai Losari sekitaran 1 Km, jika di tempuh dari  Bandara Sultan Hasanuddin memerlukan waktu 30 menit ke Benteng Rotterdam dengan transportasi Mobil ataupun Motor dan Sementara dari Pelabuhan Sukarano Hatta hanya 15 menit. 

Benteng ini merupakan benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo ke-19 pada abad sekitar 15. Dulu benteng ini bernama Benteng Jumpandang dan sekarang menjadi Fort Rotterdam. Nama Fort Rotterdam sendiri merupakan tanah kelahiran Speelman, salah satu pemimpin Belanda di Makassar saat itu.

Walaupun sudah mengalami renovasi pada beberapa bagian, Fort Rotterdam tetap memiliki Pesona sejarah yang kuat. Benteng ini juga merupakan tempat tahanan Pangeran Diponegoro saat dibuang Belanda sejak tertangkap di tanah Jawa. Secara peraturan tertulis memang tidak ada tiket masuk ke dalam benteng, hanya sumbangan seikhlasnya kepada petugas yang berjaga dan juga menisi buku tamu sebelum masuk ke dalam Benteng. 
Ruangan tahanan Pangeran Diponegoro Fort Rotterdam
Ruangan Tahanan Dahulu Pangeran Diponegoro

Di kompleks lingkungan Benteng Fort Rotterdam juga terdapat Museum La Galigo yang di dalamnya terdapat banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar khususnya Kerajaan Gowa-Tallo dan daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Di Museum La Galigo anda di wajibkan membayar tket masuk 5.000 rupiah.
Foto Museum La Galigo Fort Rotterdam Makassar
Foto Museum La Galigo Fort Rotterdam 
Foto ruangan Museum La Galigo
Museum La Galigo
Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu dibangun Raja Gowa ke-IX Daeng Matanre Tumaparisi kallonna pada abad ke-XVI. Benteng ini adalah benteng terkuat yang pernah dibangun oleh nusantara serta merupakan saksi sejarah kegigihan Sultan Hasanuddin dan Rakyatnya mempertahankan kedaulatan Negrinya.
Tempat bersejarah wisata Benteng Somba Opu
Foto Benteng Baruga Somba Opu
Benteng Somba Opu sekrang berada didalam kompleks Miniatur Budaya Sulawesi Selatan di Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Palngga, Kabpaten Gowa. Berbentuk segi empat dengan luas1.500 hektar, benteng ini memanjang 2 Km dari Barat ke Timur serta tinggi dinding sekitar 2m. Menariknya adalah benteng ini dibangun dari tanah liat dan putih telur sebagai pengganti semen.
Foto dinding Somba Opu terbuat dari Tanah Liat dan Telur
Dinding Somba Opu Terbuat dari Tanah Liat dan Telur
Di kompleks Miniatur Budaya Sulawesi Selatan terdapat beberapa rumah adat tradisional dari semua suku atau etnis yang ada di Sulawesi Selatan. Akses menuju lokasi cukup jauh dari kota Gowa dengan jalan kecil dan ada beberapa yang sudah rusak ringan, terutama kondisi jalan hampir mendekati lokasi benteng, kondisi benteng ini terlihat kurang terurus dengan tampak semak yang meninggi. 

Atap-atap rumah ada yang terbuat dari belahan bambu juga terlihat sudah lapuk bahkan sebagian sudah rusak dan berantakan, kondisi seperti ini terjadi karena adanya pertentangan antara pemerintah daerah dan masyarakat yang menentang pembangunan Gowa Discovery Park (GDP) di kawasan budaya Benteng Somba Opu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berwisata ke Benteng Peninggalan Bersejarah Kerajaan Gowa Fort Rotterdam dan Somba Opu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel