<-- -->

18 Destinasi Wisata Unik Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat



Kabupaten mamasa adalah salah satu wilayah yang terletak di Sulawesi barat, yang layak untuk anda kunjungi namun jika anda berkunjung kekabupaten mamasa pastikan anda membawa selimut atau jaket tebal sebab dikabupaten mamasa meskipun bukan musim penghujan suhu badan akan terasa dingin saat sore menjelang malam sampai pagi hari  meskipun kota mamasa tergolong kota kecil namun  kabupaten mamasa memiliki keunikan dan tempat wisata yang layak anda kunjungi.berikut beberapa tempat wisata dikabupaten mamasa yang layak anda kunjungi :



1.   Talondo
Tidak banyak orang yang mengenal tempat wisata ini sebab berada ditempat yang tidak bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan.
Talondo adalah sebutan bagi wisata air terjun yang berada di kecamatan nosu kabupaten mamasa  masyarakat sekitar tempat wisata ini menyebut air terjun dengan sebutan talondo sesuai dengan Bahasa daerah mereka yang berarti air terjun .



Jika ingin mengunjungi tempat ini pastikan anda membawa bekal sendiri sebab ditempat ini tidak ada penjual makanan bahkan tempat ini tergolong sunyi dari pengunjung namun sangat indah sebab dikelilingi oleh hutan bahkan dari jauh sudah Nampak jelas pemandangan air terjun ini , tinggi dari air terjun tersebut sekitar 50 sampai 100 meter .akses menuju air terjun tersebut jika dari pemukiman warga harus melalui areal persawahan sehingga jalan tersebut tidak dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan disebabkan oleh   pematang sawah yang kecil dan sempit namun dari kejauhan ketika anda masih berjalan dipematang sawah akan nampak pemandangan pegunungan yang indah dan air terjun talondo itu sendiri.

2.   Tradisi mebaba’ dan mangngaro
Tradisi mebaba’ dan mangngaro dapat anda jumpai dikabupaten mamasa Sulawesi barat ,khusus untuk tradisi mangngaro hanya dapat anda jumpai dikecamatan nosu kabupaten mamasa ,tradisi ini adalah warisan leluhur yang diperuntukkan untuk kaum bangsawan dinosu dimana setiap 5 tahun atau 10 tahun akan ada upacara yang disebut ‘’mangngaro’’ yang berasal dari Bahasa nosu yang berarti mengeluarkan jadi para leluhur atau orang yang sudah meninggal akan dikeluarkan dari tempatnya disimpan untuk dibungkus ulang dan setelah itu disimpan kembali ,dalam acara ini akan banyak kerbau yang dikorbankan serta akan banyak kaum keluarga yang datang sehingga tradisi ini akan mempererat hubungan kekeluargaan masyarakat bangsawan dikecamatan nosu.

Melalui tradisi ini pula akan kita jumpai warisan budaya yang patut dilestarikan sebab akan ada keluarga dekat dari orang yang sudah meninggal tersebut yang mengenakan busana adat , tempat diadakannya acara mangngaro akan dihias dengan indah dan dimalam hari akan kita jumpai para laki – laki yang ma’ badong atau tarian khusus untuk orang yang sudah meninggal.
  
3.   Buntu liarra
Buntu liarra adalah nama sebuah gunung di kabupaten mamasa. Buntu dalam Bahasa mamasa berarti puncak jadi buntu liarra berarti puncak bukit liarra .hal yang menarik dari bukit ini adalah pemandangan awan yang yang menyelimuti perkampungan warga yang sangat nyata terlihat dari buntu liarra sehingga buntu liarra termasuk dalam salah satu tempat yang mendapat julukan negeri diatas awan di kabupaten mamasa namun jalan menuju ke buntu liarra tergolong cukup menantang sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang menyukai petualangan dialam .



Keindahan awan dapat terlihat dari buntu liarra sekitar jam 6 pagi jadi datanglah pada jam tersebut untuk mengabadikan pemandangan yang indah tersebut jangan lupa untuk tetap berada disana untuk menikmati keindahan lainnya seperti sunrise ,sunset ,gua maupun air terjun disekitar buntu liarra .

4.   Sarambu liawan
Sarambu liawan adalah nama air terjun yang berada di wilayah kabupaten mamasa sarammbu liawan  sendiri berasal dari Bahasa toraja yang berarti ‘’air terjun liawan ‘’ terletak di sumarorong kabupaten mamasa Sulawesi barat dapat ditempuh dengan 2 jam perjalanan dari kabupaten polewali mandar dengan menggunakan mobil.

Sarambu liawan termasuk air terjun yang tergolong sangat indah sebab airnya jernih serta memiliki 7 tingkatan memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Ditempat ini cuacanya sangat dingin jadi jika anda berkunjung ketempat ini bawalah jaket tebal atau selimut gar anda tidak kedinginan. 

5.   Gunung mambulilling



Gunung mambulilling berada di desa mambulilling kabupaten mamasa Sulawesi barat diatas puncak bukit ini terdapat banyak keindahan yang dapat memanjakan mata anda mulai dari pemandangan awan rumah warga yang tertata dengan baik dan terlihat rapi dari puncak bukit sunset serta lembah gunung mambulilling dan air terjun yang terdapat dislah satu lembah mambulilling.

6.   Air panas kole
Air panas kole adalah salah satu permandian air panas yang terletak di desa rambu saratu kecamatan mamasa kabupaten mamasa berjarak sekitar 2 kilo dari kota mamasa didaerah ini juga cuaca tergolong sangat dingin sehingga terkadang pengunjung memilih menikmati air panas ini pada saat sore atau menjelang malam hari .

Biaya untuk masuk dipermandian ini cukup murah anda cukup membayar RP 5000 ,00 per orang dan batas waktu untuk menikmati permandian ini tidak dibatasi jadi anda dapat berenang sepuasnya ,selain itu akses ke permandian ini juga cukup mudah sebab dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 maupun roda 2 bahkan disekitar tempat ini juga tersedia penginapan sehingga anda dapat menikmati liburan bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan tempat tinggal anda cukup membayar RP 75.000,00 per satu malam .

7.   Pohon pinus salukodo
Pohon pinus salukodo adalah salah satu taman pohon pinus yang berada diwilayah kabupaten mamasa,tempat ini memberikan kesejukan udara dan jauh dari kebisingan kota ,serta memberikan pemandangan pohon pinus yang indah .



Terkadang yang mengunjungi tempat ini datang untuk sekedar mengabadikan tempat ini namun ada juga yang memilih untuk berkemah sebab udara ditempat ini sangat sejuk serta jauh dari suara lalulintas kota sehingga memberikan kesan berada dialam terbuka yang indah sejuk dan sunyi. 

8.   Air terjun lambanan
Air terjun lambanan adalah air terjun yang masih belum cukup terkenal sebab berada disebuah dusun kecil yang jauh dari pusat kota serta akses ke air terjun ini tidak dapat dijangkau dengan kendaraan ,air tejun ini berada didesa lombonan kabupaten mamasa.

Meskipun belum cukup terkenal namun air terjun lambanan ini memiliki kelebihan yakni bertingkat dan airnya sejuk dan jernih ,jik anda berniat mengunjungi tempat ini bawalah bekal yang cukup untuk anda santap saat berada disana sebab ditempat ini tidak ada penjual makanan selai itu siapkan tenaga untuk berjalan sebab sekitar 1 kilometer dari tempat air terjun ini berada sudah tidak dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 jadi anda harus berjalan sejauh 1 kilo untuk dapat sampai ketempat yang indah nan sejuk ini.

9.   Batu ledong
Batu ledong dalam Bahasa mamasa berarti batu yang bergoyang dan nyaris terjatuh seperti  gigi yang goyang dan hampir lepas dari email gigi  namun belum dapat dilepaskan,begitu pula dengan batu ledong meski terlihat goyang dan nyaris terlepas namun sebenarnya batu ini hanya bergerak ditempatnya karena pada dasarnya meskipun berusaha dilepaskan namun sekuat apapun tangan manusia melepaskannya bahkan terjangan angin sekalipun  tetap saja batu ledong ini berada pada posisinya.



Batu ledong terletak dikabupaten pana’ kabupaten mamasa yang menjadi daya Tarik dari batu ledong adalah posisi batu yang berada diatas sebab batu itu lebih besar dari batu yang berada dibawahnya dan terlihat seperti akan jatuh namun berpuluh – puluh tahun telah berlalu batu besar tersebut tetap berada pada posisinya .meskipun sudah pernah ada rencana menghancurkan batu itu namun tidak kesampaian sebab alat yang akan digunan untuk tujuan tersebut tiba- tiba rusak hingga sampai saat ini tidak ada masyarakat sekitar yang berani mengusik keberadaan batu tersebuat .selain pemandangan batu yang tergolong unik pemandangan alam disekitar tempat batu tersebut juga terlihat sangat indah sebab anda dapat melihat pemandangan sawah yang bertingkat – tingkat serta gunung yang berada tidak jauh dri batu tersebut.

10. Air terjun sambabo
Destinasi wisata selanjutnya dari Sulawesi barat adalah air terjun sambabo ,air tejun ini berada diwilayah desa ulu mambi ,kecamatan bamban kabupaten mamasa ,air terjun sambabo terletak dilereng gunung sekitar 10 kilometer dari kota mamasa ,air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi serta menyimpan banyak air sebab terdapat banyak mata air disekitar air terjun selai itu ada banyak batu – batu besar disekitar air terjun yang menambah keindahan air terjun sambabo.
 
11. Wisata kain tenun mamasa
Wisata kain tenun berada didesa rambu saratu kabupaten mamasa ditempat ini anda dapat menikmati pemandangan kain tenun khas mamasa yang terbuat dari benang wol ,kain tenun khas mamasa ini sangat bermanfaat bagi anda saat anda berada dimamas sebab kain tenun ini dapat memberikan rasa hangat ditengah suasana dinginnya kota mamasa selain itu kain tenun khas mamasa juga digunakan pada saat ada orang meninggal sebab kain inilah yng digunakan untuk membungkus jenasah sebelum dikebumikan .

Wisata kain tenun ini berada dikecamatan balla kabupaten mamasa jika anda ingin mengunjungi daerah ini mka anda dapat mengendarai motor atau mobil sekitar 8 kilo meter dari kota mamasa anda juga dapat membeli kain tenun mamasa ditempat ini.

12. Desa Rambusaratu
Desa rambu saratu adalah tempat yang sangat eksotis dikabupaten mamasa sebab ditempat ini terdapat beberapa rumah adat jaman dulu .tempat ini terletak cukup dekat dengan kota mamasa namun akses untuk ke desa ini cukup menantang sebab anda harus melewati jalanan yang kurang bagus .
Desa ini berada diperkampungan yang dikenal dengan nama rantebuda ,di desa ini anda dapat menjumpai rumah adat yang konon berumur lebih dari 200 tahun.

13. Taman wisata bunga anggrek
Taman wisata anggrek adalah areal persawahan yang disulap menjadi taman bunga yang indah dipandang mata ,tamnan wisata ini lebih dikenal dengan sebutan ‘’mamasa orchid ‘’ yang berlokasi didesa tondok bakaru ,kecamatan mamasa kabupaten mamasa .kawasan wisata ini berjarak 1 kilo meter dari pusat kota mamasa tempat ini menawarkan keindahan panorama alam pedesaan .pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan bunga anggrek yang warna – warni bahkan bagi anda pengunjung yang suka mengoleksi bunga maka anda dapat membeli bunga tersebut dengan harga puluhan sampai ratusan ribu rupiah. 

14. Ma’ pasilaga tedong


Ma’ pasilaga tedong adalah salah satu kebudayaan mamasa yang juga dapat anda jumpai ditoraja ma’ pasilaga tedong hanya dapat anda saksikan saat ada acara pesta kematian atau yang lebih dikenal dengan acara rambu solo’ meskipun terlihat mirip dengan suku toraja namun ada pula tradisi, kebudayaan yang berbeda bahkan orang mamasa lebih dikenal  dengan sebutan sebutan toraja barat sebab berada diwilayah barat tana toraja . 

15. Air terjun sollokan
Air terjun sollokan adalah salah satu tempat wisata disulawesi barat tepatnya berada di desa malimbong kecamatan messawa ,jika anda ingin ketempat ini anda dapat mengendarai motor atau mobil namun kendaraan tersebut tidak bisa anda tumpangi sampai di air terjun karena anda harus melewati jembatan gantung yang hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki setelah berjalan sejauh 2 kilo meter anda akan sampai ditempat tujuan .

Air terjun sollokan merupakan air terjun yang sangat tinggi ,pada musim kemarau air terjun yang mengalir terkadang tidak sampai kebawah ,wisata ini belum dikelolah dengan baik oleh pemerintah setempat jadi sebaiknya anda kesana jangan sendirian sebab lokasinya berada ditengah hutan dan tidak ada orang disana sehingga untuk menikmati air terjun ini anda tidak perlu bayar alias gratis.


16. Air panas  malimbong


Permandian air panas malimbong berada di desa malimbong kecamatan messawa kabupaten mamasa ,jika anda ingin ketempat ini maka anda dapat mengendarai sepeda motor ataupun mobil sebab tempat ini sudah dijangkau oleh kendaraan tersebut.

17. Pentas padaling
Padaling adalah sejenis gamelan yang berbentuk bundar dan melengkung dibagian tengah padaling terdapat bulatan kecil yang ditimpal jika akan dibunyikan ,padaling memiliki suara gaung  yang merdu serta panjang sehingga  gemanya terdengar meski dari kejauhan saat dibunyikan.



Padaling adalah sebuah alat yang dibunyikan saat ada yang meninggal namun tidak berlaku untuk sembarang orang sebab hanya kaum bangsawan saja yang dapat membunyikan padaling saat ada anggota keluarganya yang meninggal sebab dengan dibunyikannya padaling itu menanadakan bahwa sekitar setahun atau beberapa tahun kemudian orang yang meninggal itu akan dipestakan dengn menyembelih minimal 9 kerbau dan beberapa ekor babi.

Saat pesta bagi orang mati padaling akan terus dibunyikan setiap hari selama perayaan selama seminggu atau lebih meskipun pentas padaling hanya ada pada saat upacara orang mati namun pentas ini selalu ramai disaksikan oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri ini menandakan bahwa pentas padaling juga menjadi destinasi wisata yang patut anda kunjungi dikota mamasa.

18. Mamasa kota 


Mamasa kota adalah sebutan untuk kota kecil dikabupaten mamasa yang juga merupakan ibukota dari kabupaten mamasa ,meski kota kecil namun menjadi incaran parawisatawan sebab kota mamasa adalah satu – satunya kota kabupaten yang memiliki panorama alam yang indah , terasa sejuk dan segar sebab dikelilingi oleh alam yang indah selain itu kota mamasa dipenuhi oleh kembang yang enak dipandang mata serta asri dan indah sehingga dapat memanjakan mata anda ketika memandangnya.

Demikianlah beberapa jenis objek wisata yang ada di kabupaten mamasa sulawesi barat yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga melalui postingan ini anda yang belum pernah mengunjungi tempat objek wisata yang ada di mamasa tersebut kelak dapat berkunjung ke salah satu tempat wisata tersebut.


0 Response to "18 Destinasi Wisata Unik Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->